Kamis, 05 Januari 2012

Hindari Olahraga Berlebihan


Sesuatu yang berlebihan selalu berdampak tidak baik. Setidaknya kata bijak itu benar adanya, dan salah satunya berlaku dalam kegiatan berolahraga. Memang untuk meningkatkan kebugaran dan mengencangkan otot tubuh diperlukan latihan yang teratur dan menjaga porsi makan, namun tidak dengan berolahraga secara berlebihan.
      Olahraga berlebihan hanya akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh serta pikiran. Dimana kondisi tubuh akan menurun akibat berlebihannya proses latihan, tanpa disertai kegiatan pemulihan tenaga yang cukup di sela latihan.
      Berikut ini beberapa kondisi yang disebabkan karena kegiatan olahraga Anda yang berlebihan sehingga mengalami kelelahan kronis, sering mengalami cedera otot dan sendi, mudah maraha serta cepat tersinggung, nafsu makan berubah, sakit kepala, insomnia, berat badan berubah drastis, mudah terserang flu atau penyakit lain yang disebabkan oleh virus, anemia, sering mengalami nyeri pada otot dan sendi, serta mengalami depresi.
      Jika Anda mengalami dua atau lebih gejala-gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya mengurangi porsi olahraga Anda. Dan berikut ini beberapa cara untuk memulihkan diri dari overtraining :
  • Mencegah sedari dini. Mencegah olahraga berlebihan lebih mudah dari memulihkannya. Dan jika Anda mulai mengalami salah satu gejala di atas, sebaiknya segera merubah program olahraga Anda.
  • Istirahat yang cukup. Istirahat cukup merupakan pengobatan paling baik jika Anda mengalami olahraga yang berlebihan. Tidurlah tujuh jam sehari secara rutin.
  • Jika Anda mengalami latihan olahraga yang berlebihan, maka ada baiknya untuk berhenti latihan atau "cuti". Kurangilah frekuensi olahraga Anda sebanyak dua kali seminggu, dengan begitu dapat mengembalikan kebugaran tubuh Anda.
  • Perhatikan apa yang Anda konsumsi. Makan yang kaya protein dan karbohidrat baik untuk Anda konsumsi di masa pengembalian kebugaran tubuh akibat olahraga berlebihan ini. Makanlah dua jam sebelum berolahraga dan setelah latihan usai.
  • Konsumsilah minimal delapan gelas air setiap harinya, agar terhindar dari dehidrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar