Minggu, 11 Desember 2011

1000 manfaat gula jawa

Gula jawa biasanya digunakan untuk menyedapkan masakan atau sebagai bahan baku camilan. Rasanya yang manis memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya, untuk bumbu rujak, campuran bumbu gado-gado, sampai bolu gula merah atau gula jawa, hmm rasanya manis.
Dibalik rasanya manisnya ternyata gula jawa menyimpan manfaat yang menyehatkan dibanding gula putih atau gula yang berbahan baku tebu. Gula merah mengandung garam mineral, nutrisi, dan juga punya khasiat untuk menyembuhkan animea, batuk, typhus, dan lepra.
Manfaat lain, gula merah pun bisa digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Tak banyak yang tahu soal ini, karena belum banyak yang menyadarinya. Seperti ditulis Health.com, yang merangkum pernyataan David Paker, pendiri Deli Tubuh dan perusahaan perawatan kulit, gula merah dapat mengeluarkan zat, yakni butiran yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih bercahaya.
Penggunaan gula merah untuk perawatan kulit pun sangat mudah, hanya cukup dengan mencampurnya dengan bahan-bahan alami lain. Haluskan gula merah, campur dengan scrub yang biasa Anda pakai dan tambahkan minyak zaitun untuk pelembabnya.
Campur semua bahan, aduk rata lalu balurkan pada kulit dan wajah. Oleskan merata dan diamkan selama 5 menit kemudian gosok perlahan untuk mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk hasil maksimal Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali seminggu.
Tak hanya memberi kesan cantik dan menyehatkan, gula merah pun bisa berfungsi sebagai obat pertolongan pertama. Saat Anda mengalami cedera atau luka dan tidak menyimpan obat antiseptik, Anda bisa memanfaatkan gula merah untuk menyembuhkan luka kecil dalam keadaan darurat. Gula merah bisa bertindak sebagai obat anti insflamasi dan anti mikroba yang bisa mencegah infeksi. Bubuhkan gula merah pada luka yang sudah dibersihkan. Obat sederhana ini bisa mengeringkan luka dalam satu hari. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar